Diduga Pungli, Sat Lantas Polres Luwu Tebang Pilih Penahanan Kendaraan --> Make Image responsive
KOMPAS TERKINI.COM >> Diterbitkan Berdasarkan Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999. Dengan SK. KEMENKUMHAM RI NO. AHU-0043861.AH.01.01.TAHUN 2021 dan Telah Ditetapkan di Jakarta, Tanggal 08 Juli 2021

Diduga Pungli, Sat Lantas Polres Luwu Tebang Pilih Penahanan Kendaraan

16 Des 2021

KOMPAS Terkini.com,- Luwu - Dugaan Praktek Pungutan Liar (Pungli) kerap terjadi di Pos penjagaan Lalulintas Polres Luwu membuat sejumlah sopir mobil mengeluh.

Pasalnya, Pos Penjagaan Lalu Lintas dekat lampu merah yang tak jauh dari Kantor Polres Luwu, pihaknya sering kali menindak para sopir yang dia anggap Melanggar UU Tentang LLAJ.

Dugaan tersebut diketahui saat para sopir menyampaikan ke Awak media yang ia keluhkan baru-baru ini, Rabu, 15 Desember 2021.

Sopir yang enggan disebut namanya, sering melintas diwilayah Hukum Polres Luwu merasa mengeluh dengan ulah Oknum Polisi Satlantas Polres Luwu, yang mana menurutnya tebang pilih saat penerapan aturan Lalu lintas. 

"Saya Lihat ini Anggota Polisi Sat Lantas Polres Luwu pilih kasih dalam menindak para pelanggar Lalulintas, Buktinya saya lihat banyak yang lolos dengan muatan yang sama, kenapa saya yang didapat malah ditahan dan dikandangkan mobilku," Ungkap Sopir tersebut.

Lebih lanjut, pihak sopir Mobil lainnya pun mengakui bila dirinya sempat menanyakan ke Oknum Polisi terkait penahanan mobil itu. 

"Lewat Posja nakudapatki itu mobil patroli dua orangki disitu, saya tanya kenapa ada anggota ditahan begitu komandan, nabilang ee jalan mako dari pada mauko dikandangkan juga, terpaksa kugasskan," Kata Sopir yang sempat menanyakan hal itu.

Tak hanya sampai disitu, Sopir Lainnya pun turut berkomentar terkait kejadian ini, bahkan ia menuturkan bila Dirinya terpaksa memberikan ke Oknum Polisi Uang Sebanyak Rp.30.000,- agar dirinya bisa lolos.

"Curiga bagaimana Seng Om"  Nah saya 30 Ribu,ji saya kasi karena dua orang jaga saya lihat, seandainya 1 orangji ka 20 Ribu ji," Tutur Sopir Mobil yang memberikan Dana. 

Sementara Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muh. Ali saat dikonfirmasi melalui Telpon Cellular, ia menyebut akan menindak lanjuti oknum anggota polisi yang melakukan dugaan pungli terhadap sopir mobil, Katanya.

Berkaitan hal tersebut, Jika Dugaan Praktek Pungutan Liar (Pungli), Benar adanya di Pos Penjagaan Satuan Lalulintas Polres Luwu, Diharap Dir Lantas Polda Sulsel Segera melakukan penyelidikan internal Polri, karena Hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena akan mencoreng nama baik Institusi Polri sendiri.

Penulis: Sahar/tim