Polres Parepare Gagalkan 1Kg Sabu, Tersangka Diciduk Didalam Kamar ABK --> Make Image responsive
KOMPAS TERKINI.COM >> Diterbitkan Berdasarkan Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999. Dengan SK. KEMENKUMHAM RI NO. AHU-0043861.AH.01.01.TAHUN 2021 dan Telah Ditetapkan di Jakarta, Tanggal 08 Juli 2021

Polres Parepare Gagalkan 1Kg Sabu, Tersangka Diciduk Didalam Kamar ABK

2 Apr 2022

KOMPAS Terkini.com,- PAREPARE - Satuan Reserse Narkoba Polres Parepare mengungkap tindak pidana penyalahgunaan narkotika, di Halaman Mako Polres Parepare dengan menghadirkan dua tersangka beserta barang bukti sabu, Sabtu (02/03/2022).

Pengungkapan tindak pidana penyalahgunaan narkotika usai melakukan penggagalan pada, Senin (28/3/2022), sekitar pukul 07.50 di Jalan Andi Cammi, Kawasan Pelabuhan Nusantara Parepare, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung.

Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono, S,IK, MT., menjelaskan kronologi pengungkapan. berawal adanya informasi dari salah satu penumpang yang dicurigai membawa barang Narkotika jenis sabu, selanjutnya Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara Parepare bersama Anggota Unit Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Parepare menindak lanjuti hal tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang.

“Berhasil menemukan seorang penumpang lelaki inisial R di Kapal KM Catteleya Express yang berada di dalam kamar ABK nomor 5 menguasai, menyimpan sebanyak ± 1(satu) kilogram narkotika jenis sabu yang disimpan dalam kantongan kain warna merah dan dikemasi bungkus menggunakan bungkusan teh merek guang yinwang warna hijau,” jelas Kapolres didampingi Kapolsek KPN dan Kasat Narkoba.

Berdasarkan keterangan dan tersangka lelaki Inisial R, dirinya membawa narkotika jenis sabu tersebut dari Tarakan ke Parepare yang diperoleh dan lelaki Inisial S (DPO) untuk nantinya akan diserahkan kepada tersangka inisial (I) ketika tiba di Parepare.

“Adapun upah yang di janjikan sebesar RP 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah), inisial (I) berhasil diamankan dan ditangkap saat akan menunggu ke tersangka inisial R di luar kawasan Pelabuhan Nusantara Parepare untuk menerima barang tersebut yang diduga Narkotika jenis sabu,” ungkapnya.

Barang bukti berhasil diamankan, satu sachet plastik berukuran besar yang berisikan kristal bening bersi narkotika jenis sabu, di bungkus dengan plastik teh merk Guan yinwang warna hijau dengan berat bruto 1003 gram, 1 kilogram narkotika jenis sabu, satu kantongan pelastik warma hitam, satu tas kantongan warna merah, satu unit handphone android merk samsung, satu unit handphone android merk oppo, dan uang tunai sebesar Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Atas perbuatannya, tersangka diancam hukuman 20 tahun penjara berdasarkan UUD narkotika nomor 35 tahun 2002 pasal 114 ayat 2, dan UUD narkotika nomor 35 tahun 2009 pasal 112 ayat ayat 2.(*)