Rangkaian Hbp 58, Kanwil Kemenkumham Aceh Ikuti Webinar “Transformasi Digital Pemasyarakatan Semakin Pasti Melayani” --> Make Image responsive
KOMPAS TERKINI.COM >> Diterbitkan Berdasarkan Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999. Dengan SK. KEMENKUMHAM RI NO. AHU-0043861.AH.01.01.TAHUN 2021 dan Telah Ditetapkan di Jakarta, Tanggal 08 Juli 2021

Rangkaian Hbp 58, Kanwil Kemenkumham Aceh Ikuti Webinar “Transformasi Digital Pemasyarakatan Semakin Pasti Melayani”

19 Apr 2022

KOMPAS Terkini.com,- Banda Aceh - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman mengikuti Webinar Bidang Teknologi Informasi pada hari ini, Selasa (19/4/2022) dari Ruang Corporate University.

Turut hadir pula Kepala Divisi Pemasyarakatan, Heri Azhari, sejumlah pejabat struktural, pejabat fungsional, dan pegawai pengelola teknologi infromasi. Mengusung tema “Transformasi Digital Pemasyarakatan Semakin Pasti Melayani”, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 87. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga mengungkapkan bahwa Kementerian Hukum dan HAM khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara konsisten mendorong penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik.

“Sehingga, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Menjadi media sharing dan memberikan feedback pada tata kelola teknologi informasi di lingkungan Pemasyarakatan,” ungkap Reynhard Silitonga.

Ia pun kemudian menjelaskan, meskipun teknologi informasi dapat membantu pelaksanaan sistem pemerintahan namun pada implementasinya kerap menimbulkan permasalahan dan tantangan.  Untuk itu webinar ini diharapkannya dapat menjawab berbagai permasalahan dalam upaya pembangunan budaya kerja teknologi informasi.

Lebih lanjut, Reynhard mengatakan penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik dapat  mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan akuntabel.

“Kemudian pelayanan publik yang berkualitas dan transparan serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Sementara itu, dalam laporannya Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama, Dodot Adikoeswanto mengatakan, webinar yang merupakan bagian dari peringatan HBP ke 58 ini  dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kualitas pelayanan melalui transformasi digital.

“Kegiatan ini diikuti oleh petugas pemasyarakatan di seluruh satuan kerja se Indonesia secara virtual dengan menghadirkan sejumlah narasumber,” terang Dodot Adikoeswanto.

Adapun yang menjadi narasumber pada webinar ini adalah Hamzah Fansuri (Kementerian Pan-RB), Miftah Andriansyah (Akademisi), dan Yan Hadi Nur (BSSN).  (M.Irwan)