Ini Sosok Kapolres Maros yang Baru, Menarik Perhatian! --> Make Image responsive
KOMPAS TERKINI.COM >> Diterbitkan Berdasarkan Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999. Dengan SK. KEMENKUMHAM RI NO. AHU-0043861.AH.01.01.TAHUN 2021 dan Telah Ditetapkan di Jakarta, Tanggal 08 Juli 2021

Ini Sosok Kapolres Maros yang Baru, Menarik Perhatian!

22 Jun 2022

KOMPAS Terkini.com,- Maros-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram rotasi. Rotasi dan mutasi jabatan itu dituangkan dalam lima surat telegram yakni, NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Total ada tiga Kapolda dan 121 Kapolres yang digeser dan menempati jabatan baru. Dalam surat telegram tersebut, untuk wilayah Polda Sulsel tercatat sejumlah jabatan Kapolres berganti posisi. Salah satu yang menarik perhatian adalah nama AKBP Awaluddin Amin yang tak lain cucu dari mantan Bupati Pangkep, Alm Kol (Purn) H Hasan Sammana dan ponakan dari Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana serta mantan Ketua KNPI Pangkep yang kini menjabat Camat Minasatene, H Satria Sammana.

AKBP Awaluddin Amin yang sebelumnya menjabat Kasubdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya mendapat jabatan baru sebagai Kapolres Maros. AKBP Awaluddin Amin merupakan putra dari mantan Kadiv TI Polri Irjen Pol (Purn.) Drs. Muhammad Amin Saleh. Posisi yang digantikan AKBP Awaluddin Amin adalah AKBP Fatchur Rochman SH yang diangkat dengan jabatan baru sebagai Kapolres Wajo.

Selanjutnya, Kapolres Pangkajene dan Kepulauan, AKBP Try Handoko Wijaya Putra SIK dengan jabatan baru sebagai Kabagbinkar ROSDM Polda Kaltara. Jabatan yang ditinggalkannya digantikan oleh AKBP Ari Kartika Bhakti SIK yang sebelumnya menjabat Kasubbagbinops Baglitpres Ropaminal Divpropam Polri.

Ada juga Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto SIK MH yang mendapat jabatan baru sebagai Wadansat Brimob Polda Sulsel. Posisinya digantikan Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Sulsel, AKBP Arisandi SH SIK MSi yang dikenal dekat dengan awak media.

Kapolres Jeneponto, AKBP Yudha Kesit Dwijayanto SH SIK mendapat jabatan baru sebagai Wadirpamobvit Polda Sulsel. Jabatannya digantikan Kasubbagdesgraf Bag Produk Kreatif Romulmed Divhumas Polri, AKBP Andi Erma Suryono SH SIK. Serta Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo SIK MH mendapat jabatan baru sebagai Wadirresnarkoba Polda Bali. Posisinya digantikan AKBP Erwin Syah SIK yang sebelumnya menjabat Kasubditregident Ditlantas Polda Sulsel.

Dalam mutasi tersebut juga terdapat tiga jabatan perwira tinggi (pati) Polri dan sejumlah Kapolres di lingkup Polri. Tiga jabatan patu yakni, Kapolda Papua Barat , Gorontalo, dan Lampung. Irjen Tornagogo Sihombing akan menduduki posisi Wairwasum Polri. Sementara, jabatan Kapolda Papua Barat akan ditempati oleh Irjen Daniel Tahi Silitonga

Sementara, Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus akan menempati posisi Kapolda Lampung. Sedangkan, Kapolda Lampung saat ini Irjen Hendro Sugiatno akan ditempatkan ke luar struktur di Kemenhub. Selanjutnya, posisi Kapolda Gorontalo akan diisi oleh Irjen Helmi Santika yang saat ini menjabat sebagai salah satu Korsahli Kapolri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi tersebut. “Hari ini Pak Kapolri keluarkan TR mutasi jabatan Kapolda, Pati, PJU tingkat Polda, Kapolres, dan jabatan penguatan lainnya. TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi. Dilakukan peningkatan performance kinerja kepolisian,” singkatnya, Selasa 21 Juni 2022, siang tadi.(*)