Polisi Santri Polres Palopo Mengisi Khutbah Jumat di Masjid Nurul Al Ahbar --> Make Image responsive
KOMPAS TERKINI.COM >> Diterbitkan Berdasarkan Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999. Dengan SK. KEMENKUMHAM RI NO. AHU-0043861.AH.01.01.TAHUN 2021 dan Telah Ditetapkan di Jakarta, Tanggal 08 Juli 2021

Polisi Santri Polres Palopo Mengisi Khutbah Jumat di Masjid Nurul Al Ahbar

27 Agu 2022

KOMPAS Terkini.com,- Palopo -- Personel Polres Palopo mendadak menjadi Panitia Masjid pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Nurul Al Ahbar di Kelurahan salotellue Kota Palopo, Jumat (26/8/2022) Siang tadi.

Hal itu juga sekaligus menjadi agenda Program Kapolres Palopo AKBP DR (C) H. Muh. Yusuf Usman SH., SIK., MT dengan melakukan Syafari Jumat di Masjid Wilayah Hukum Polres Palopo.

Kali ini berbeda, karena biasanya dilakukan atau dipimpin langsung oleh Kapolres palopo, tadi siang Syafari Jumat dilaksanakan oleh para Polisi Santri Polres Palopo mulai menjadi muadzin, penceramah hingga imam Masjid.

Ketua Panitia dari Polisi Santri Polres Palopo yaitu Aiptu Sukirman didampingi Aiptu Syahiruddin, Bripka Andi Abdullah sebagai muadzin, Bripka Gunawan mengisi Khutbah / Penceramah dan Bripka Hasbul Salim sebagai Imam / Pemimpin Pelaksanaan Sholat Jumat.

Pada Khutbahnya, Bripka Gunawan menyampaikan Pesan kamtibmas kepada jamaah bahwa kami lakukan ini merupakan salah satu Program Polres Palopo yaitu Syafari Jumat dan Polisi Satri yang tiap hari Jumat keliling masjid untuk sholat Jumat, Subuh dan Waktu Sholat lainnya secara berjamaah.

Kami sebagai terobosan Program Polres Palopo dengan membentuk Polisi Santri, dalam keliling Masjid di Kota Palopo memberikan Himbauan kamtibmas melalui Syiar Agama juga melakukan pembinaan anak – anak / Pemuda yang bandel dan terjaring atas Tindak Pidana.

“Tujuan kami untuk menghadirkan polisi, terkhusus Personil Polres Palopo ditengah-tengah masyarakat, membangun Komunikasi dan silaturahmi antara polisi dan masyarakat serta menyampaikan himbauan tentang menjahga Harkamtibmas serta mencari solusi secara bersama agar Wilayah sekitar menjadi aman dan Kondusif” jelas Bripka Gunawan dalam Khutbahnya.

“Mulai dari bersama-sama menjaga anak kita agar terhindar dari Pelanggaran maupun Tindak Pidana yang dapat merusak diri, Keluarga dan masyarakat sekitar” tambahnya 

Selain itu Polisi Santri Polres Palopo itu, mengajak semua warga agar senang tiasa menjaga sholat lima waktu dengan cara berjamaah dan selalu memberikan peringatan sesama tentang menjadi Polisi bagi diri sendiri dengan tidak main hakim sendiri dan segera melaporkan hal yang menjadi ancaman kepada pihak berwajib (Polres/Polsek) terdekat.

Ditempat terpisah, Kapolres Palopo menyampaikan "Kegiatan safari Jumat merupakan kegiatan rutin Program Polres Palopo yang bertujuan untuk bersilahturahmi dan Komunikasi serta mencari Solusi kamtibmas dengan masyarakat”. ujarnya.

"Berkaitan dengan tugas pokok kepolisian dalam menjaga harkamtibmas kami berupaya memelihara harkamtibmas dimulai pendekatan Agama dengan melaksanakan Syafari di Masjid Kota Palopo dengan harapan siapa tau ada hal yang ingin di sampaikan kepada aparat kepolisian dan kami siap membantu yang berkaitan dengan tugas-tugas kepolisian. Sekaligus bisa menyerap informasi baik itu masyarakat yang membutuhkan bantuan” tutup Kapolres Palopo.